A.     STRUKTUR KURIKULUM

NO.

NAMA MATA KULIAH

SKS

SEMESTER

Wajib

Pilihan

1

2

3

4

 

Matakuliah Institusional

 

 

 

 

 

 

1

Filsafat Pengetahuan

2

 

 

Ö

 

 

2

Metodologi Penelitian

3

 

 

Ö

 

 

3

Analisis Artikel Jurnal Mutakhir

3

 

 

Ö

 

 

4

Studi Lapangan (Internship)

2

 

 

 

Ö

 

 

Matakuliah Bidang Studi (Wajib)

 

 

 

 

 

 

5

Analisis Data Kuantitatif

3

 

 

Ö

 

 

6

Wawasan dan Kebijakan Bimbingan dan Konseling

3

 

Ö

 

 

 

7

Pendekatan dan Teori Konseling

3

 

Ö

 

 

 

8

Manajemen dan Supervisi BK

3

 

Ö

 

 

 

9

Asesmen dalam BK

3

 

Ö

 

 

 

 

Matakuliah Bidang Studi (Pilihan)

 

 

 

 

 

 

10

BK Adiksi*

 

2

 

Ö

 

 

11

BK Komunitas*

 

2

 

 

Ö

 

12

BK Keluarga*

 

2

 

 

Ö

 

13

BK Multibudaya*

 

2

 

Ö

 

 

14

Pengembangan SDM*

 

2

 

 

Ö

 

15

BK Anak Berkebutuhan Khusus*

 

2

 

Ö

 

 

 

Tugas Akhir

 

 

 

 

 

 

16

Proposal Penelitian

2

 

 

 

Ö

 

17

Publikasi

2

 

 

 

 

Ö

18

Tesis

6

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

35

6

12

13

8

8

*) Mata kuliah pilihan (Setiap mahasiswa wajib memilih tiga mata kuliah dari enam mata kuliah pilihan yang ditawarkan)

 

B.      IDENTITAS MATA KULIAH

1.      Filsafat Pengetahuan

 

Kajian tentang konsep-konsep dasar filsafat dan filsafat ilmu, landasan filsafati ilmu, metode ilmiah, kaitan antara ilmu, teknologi, etika (etika keilmuan), agama dan kemajuan peradaban, serta refleksi landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis dalam ilmu Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan metode case study, collaraborative learning dan project based learning.

 

2.      Metodologi Penelitian

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang metode penelitian dalam bidang pendidikan dan penerapannya dalam bidang bimbingan dan konseling sekolah. Perluliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode yang menekan keterlibatan aktif mahasiswa, yaitu metode active learning atau student’s active learning. Melalui metode ini mahasiswa diberikan garis-garis besar perkuliahan dan kemudian diinstruksikan untuk mempelajari secara mandiri bahan-bahan kuliah tersebut dan kemudian merangkumkannya ke dalam bentuk bahan presentasi dan bentuk peta kognitif untuk didiskusikan di kelas bersama dosen dan mahasiswa lain. Setiap mahasiswa juga diberi tugas akhir, yakni membuat sebuah rencana penelitian dalam bidang teori dan praktek bimbingan dan konseleing sekolah. Keberhasilan mahasiswa ditetapkan atas dasar nilai partisipasi,, nilai tugas, nilai ujian tengah semester dan nilai ujian akhir semester. 

3.      Analisis Artikel Jurnal Mutakhir

Menanamkan sikap ilmiah mandiri, yang dikembangkan dengan program yang direncanakan oleh mahasiswa sendiri untuk memperdalam suatu topik, mengkaji teori dan hasil penelitian yang relevan dalam bidang bimbingan dan konseling, yang dengan menggunakan berbagai kemampuan yang telah diperoleh dari berbagai matakuliah lainnya. Perkuliahan diarahkan untuk membantu penyusunan suatu proposal penelitian dalam bentuk tesis. Keberhasilan mahasiwa didasarkan pada nilai partisipasi, serta nilai portofolio artikel ilmiah yang dikaji.

 

4.      Studi Lapangan (Internship)

Matakuliah ini memberikan pengalaman belajar tentang analisis program bimbingan dan konseling, analisis dan praktik bimbingan dan konseling serta menyelenggarakan pembelajaran di perguruan tinggi. Analisis program bimbingan dan konseling meliputi pengalaman belajar dalam menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut program bimbingan dan konseling. Pelaksanaan dan analisis praktik bimbingan dan konseling diarahkan pada kemampuan mahasiswa untuk memilih dan menerapkan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan/permasalahan kelompok sasaran. Praktik pembelajaran di perguruan tinggi mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut.

 

5.      Analisis Data Kuantitatif

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang metode analisis data kuantitatif yang menekankan pada teknik-teknik statistik multivariate (metode statistik multivariat). Bahan kajian meliputi konsep dasar analisis multivariate, teknik- teknik multivariate, dan contoh-contoh analisis. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa (active learning). Mahasiswa dibelajarkan tentang konsep, teknik-teknik, dna contoh analisis dan kemudian mahasiwa melakukan praktik analisis data secara manual dan menggunakan software SPSS. Keberhasilan mahasiwa didasarkan pada nilai partisipasi, nilai tugas, nilai ujian tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester (UAS). 

 

6.      Wawasan dan Kebijakan Bimbingan dan Konseling

Kajian tentang pemahaman dan wawasan tentang pendidikan yang luas, baik situasi “normal” maupun situasi problematik dengan membahas masalah umum pendidikan dan masalah khusus pembelajaran dengan memakai perspektif teori tertentu, baik teori-teori sosial, budaya, ekonomi, religi, psikologi, maupun teori politik atau teori/ilmu hukum. Kuliah tingkat lanjut ini mencakup segi-segi problematik teoritis dan pengembangan dan arah kecenderungan dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah dan berlatih membahas hakikat dan segi-segi permasalahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya menurut perspektif teori tertentu yang dipakainya. Kuliah diakhiri dengan tugas paper yang berisi pendeskripsian dan perumusan masalah dalam bidang pendidikan/bimbingan dan konseling, pembahasan dan kemungkinan pemecahannya menurut teori tertentu; paper tersebut berpeluang menjadi calon bab I dan bab II untuk tesis yang direncanakan.

 

 

7.      Pendekatan dan Teori Konseling

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang praktek konseling dari berbagai perspektif pendekatan dan orientasi teoretik. Pembelajaran dilaksanakan denga menggunakan metode yang menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa (active learning atau students centered learning). Mahasiswa diinstruksikan secara aktif mengkaji bahan belajar, mempresentasikan, dan mendiskusikannya di kelas bersama dengan dosen dan mahasiswa lain. Di samping itu mahasiswa diberi tugas akhir menyusun sebuah paper/makalah yang berisikan kajian konseptual tentang aplikasi sari suatu pendekatan/teori konseling, kajian jurnal, atau komparasi antara berbagai teori. Mahasiswa dinyatakan lulus bila mencapai nilai kinerja minimal B. Nilai tersebut terdiri atas empat komponen, yakni nilai partisipasi, nilai tugas, nilai ujian tengah semester (UTS), dan nilai akhir semester (UAS).         

8.      Manajemen dan Supervisi BK

Kajian tentang konsep dasar manajemen dan supervisi, tahap perencanaan, tahap penyusunan program, tahap implementasi, tahap evaluasi serta supervisi bimbingan dan konseling. Prosedur pembelajaran yang digunakan yakni; diskusi kelompok, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis proyek.

9.      Assesmen dalam BK

Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang asesmen dan konseptualisasi masalah konslei dalam konseling. Topik kajian meliputi konsep dasar asesmen, teknik asesmen, wawancara asesmen, dan konseptualisasi masalah konseli. perkuliahan dilaksanakan melalui metode yang menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa dalam perkuliahan (active learning). Mahasiwa dikondisikan untuk terlibat aktif dalam proses perkulihan melalui pemberian tugas presentasi, tugas rumah, dan penilaian terhadap partisipasi baik dalam bentuk frekuensi kehadiran secara fisik maupun frekuensi bertanya dan menjawab pertanyaan dalam dikusi kelas. mahasiswa juga dibri tugas akhir berupa penerapan metode asesmen untuk memahami konfigurasi dan membuat konseptualisasi permasalahan konseli.

10.  Bimbingan dan Konseling Adiksi

Kajian tentang pengertian adiksi, prevalensinya, prespektif sejarah, aspek biologis-psikologis-sosial kecanduan , model model kecanduan, aplikasi teori-teori konseling dalam intervensi kecanduan, proses intervensi dam penyusunan penanganan adiksi. Perkuliahan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode collaborative learning. Keberhasilan mahasiwa didasarkan pada nilai partisipasi, nilai tugas, nilai ujian tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester (UAS). 

11.  Bimbingan dan Konseling Komunitas

Mengkaji konseling komunitas di abad 21, sejarah, pandangan dan acuan konseling, asesmen, pendekatan dengan orientasi hukum masyarakat, penanganan konseli marginal, teknik intervensi, advokasi pemberdayaan perempuan, konsep konseling setting sekolah, perencanaan program, pelaksanaan program, kepemimpinan dan supervisi, evaluasi program, kompetensi konselor konseling komunitas. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni; diskusi kelompok, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis masalah.

 

12.  Bimbingan dan Konseling Keluarga

Kajian tentang konsep inti daam konseling keluarga, proses dalam konseling keluarga, serta implementasi konseling keluarga dengan permasalahan anak anak dan dewasa didukung dengan mengaji hasil hasil pernelitian yang berkaitan dengan konseling keluarga. perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode case study, dan collaborative learning. Keberhasilan mahasiwa didasarkan pada nilai partisipasi, nilai tugas, nilai ujian tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester (UAS).

13.  Bimbingan dan Konseling Multibudaya

Mengkaji hakikat konseling multibudaya, pengertian budaya dan kebudayaan, model konseling multibudaya, konsep konseling multibudaya saat ini, pengertian ras dan pemberian label yang berpengaruh terhadap identitas budaya, pengaruh identitas nudaya terhadap perilaku sosial, isu-isu gender dalam konseling multi budaya, perkembangan identitas psikologi sosial dalam konseling multibudaya, standar konselor multibudaya, etika profesional dalam konseling multibudaya, pelatihan konseling multibudaya dalam pendidikan konselor.

 

14.  Pengembangan SDM

Memahami sumber daya manusia dalam Bimbingan dan Konseling yaitu orang-orang yang bekerja dalam perencanaan, penyelenggaraan dan evaluasi layanangan bimbingan dan konseling. Pengembangan SDM merupakan pengembangan keprofesian guru bimbingan dan konseling atau konselor. Pengembangan keprofesian guru bimbingan dan konseling atau konselor  merupakan pengembangan kemampuan profesional guru bimbingan dan konseling atau konselor secara berkelanjutan untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi meliputi keikutsertaan pada kegiatan pendidikan dan latihan, seminar atau lokakarya, aktif pada organisasi profesi bimbingan dan konseling, pembahas atau peserta pada seminar, koloqium, diskusi pannel, penelitian dalam bimbingan dan konseling,karya ilmiah, karya inovatif dan kegiatan lainnya yang relevan.

15.  Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus

Kajian tentang landasan teori  bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, dan praktik-praktik pelaksanaannya di sekolah atau latar pendidikan pada umumnya. Bahasan mengenai teori-teori yang terkait dengan anak berkebutuhan khusus, aplikasi teori-teori tersebut dalam proses dan teknik bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, antara lain dalam memecahkan masalah-masalah anak gifted dan perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode case study, collaraborative learning dan project based learning. Keberhasilan mahasiwa didasarkan pada nilai partisipasi, nilai tugas, nilai ujian tengah semester (UTS), dan nilai ujian akhir semester (UAS).   

 

16.  Proposal Penelitian

Perkuliahan ini termasuk dalam kegiatan penulisan tesis yang menjadi kewajiban mahasiswa untuk menyampaikan usulan (proposal) penelitian/ proyek dalam suatu forum seminar tesis program studi yang dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa yang terkait. Mahasiswa calon magister dapat memperoleh banyak masukan terhadap rencana penelitiannya, untuk kemudian digunakan sebagai bahan penyempurnaan tesisnya.

17.  Publikasi

Perkuliahan ini termasuk dalam kegiatan penulisan tesis yang menjadi kewajiban mahasiswa untuk menyampaikan usulan (proposal) penelitian/ proyek dalam suatu forum seminar tesis program studi yang dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa yang terkait. Mahasiswa calon magister dapat memperoleh banyak masukan terhadap rencana penelitiannya, untuk kemudian digunakan sebagai bahan penyempurnaan tesisnya.

18.  Tesis

Dengan menggunakan berbagai kemampuan yang telah diperoleh dari berbagai matakuliah, mahasiswa melakukan kerja mandiri dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian (karya ilmiah) tentang suatu masalah pendidikan dan atau bimbingan dan konseling yang sesuai dengan minat spesialisasi mahasiswa, serta menulis laporan dalam bentuk tesis secara terbimbing. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek pengembangan yang berupa produk tertentu dalam bidang pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan serta konseling.